Badan administrasi umum atau yang kerap disebut dengan BAUM adalah sebuah instansi yang bekerja di bidang keadministrasian Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman secara menyeluruh, mulai dari ADS (Administrasi Santri), kearsipan, serta HRD (Human Resources Development) yayasan, meliputi bidang kepegawaian, pengabdian, dan kepengurusan.

BAUM terbagi menjadi 4 bagian, yakni ADS (Administrasi Data Santri), pengabdian, kearsipan, dan kepegawaian. Tugas pokok dan fungsi yang dijalankan oleh BAUM bagian ADS ialah mulai dari input data santri (database santri), perekapan input dan mutasi santri, laporan berkala jumlah santri keseluruhan, dan laporan perkembangan jumlah santri disertai grafiknya.

Adapun BAUM bagian pengabdian memiliki tugas pokok dan fungsi untuk membuat surat-surat dan data pengabdian, membuat laporan pengabdian, laporan rekap absen pengabdian, surat-surat pelanggaran pengabdian, serta pemberkasan calon wisudawan dan wisudawati.

Sedangkan bagian kearsipan memiliki tugas pokok dan fungsi merapikan surat masuk dan surat keluar, pengarsipan surat masuk dan keluar, pengabsen kantor dan ketertiban kantor, membuat SK (Surat Keputusan), surat tugas, undangan, dan berkoordinasi dengan bagian kelembagaan yayasan (seperti pendidikan, kepesantrenan, dan kewirausahaan), dan pendidikan formal untuk pembuatan laporan, serta memiliki tugas sebagai sekretaris umum.

Adapun yang terakhir, tugas pokok dan fungsi BAUM bagian kepegawaian ialah bertugas mengabsen pegawai, membuat laporan perkembangan pegawai, mengurus pemberkasan karyawan, dan kontrak karyawan.