Nurul Iman News,- Sebagai tindak lanjut dari Program WUB IKM Alas Kaki di Nurul Iman, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia bersama Bpipi mengadakan pelatihan dan bimbingan teknis produksi alas kaki (sandal) kepada 30 santri Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman selama tujuh hari, terhitung sejak tanggal 18 sampai 24 Maret 2019.

Di hari pertama, pelatihan diawali dengan seminar tentang pengenalan industri alas kaki yang difokuskan pada produksi sandal. Hal ini didasari kebutuhan santri Nurul Iman terhadap jenis alas kaki tersebut.

Sebagai narasumber, Bapak Eko Bawono beserta rekannya Bapak Nanang Dwi Saputro yang langsung didatangkan dari Sidoarjo, memberikan penjelasan secara lugas tentang teknis pembuatan sandal serta pengenalan fungsi dari setiap mesin produksi sandal.

Pelatihan produksi sandal yang diikuti oleh 30 peserta dari Nurul Iman ini langsung dimulai dengan pengelompokkan peserta. Setiap kelompok yang terbentuk ditugaskan untuk mengoperasikan satu mesin produksi, mulai dari kelompok sablon, cutting, assembling, sampai pada finishing dan packaging sandal

Di samping memperoleh pengetahuan, setelah pelatihan ini diharapkan santri dapat berwirausaha secara mandiri. Oleh karena itu, di setiap sesi pelatihan, peserta diberikan questioner untuk mengukur seberapa baik pemahaman mereka dalam menyerap teori sembari mempraktikannya.

Pada penutupan Bimtek, Ustadz Muhammad Mudzakir, M.Pd. yang hadir sebagai perwakilan dari Nurul Iman turut menyampaikan harapannya. “Semoga pelatihan ini menjadi modal penting bagi masa depan santri dan dapat memberikan kemajuan khususnya bagi Nurul Iman. Sehingga Nurul Iman semakin mandiri dengan adanya wirausaha baru yang dimilikinya”.

 

 

 

 

Mohamad Alfan (Redaksi Al Ashriyyah Nurul Iman)

Leave a Reply