Haul Gus DurSebanyak 1500 santri putra Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School mengadiri undangan Haul KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ke-4 di kediaman beliau di Jalan Warungsila no. 10, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (28/12). Berangkat dengan 30 bus, santri putra yang terdiri dari guru, pengurus, mahasiswa, dan siswa SMA ini bertolak dari Parung untuk mengikuti istighotsah dan pembacaan satu juta Surat Al Ikhlas pada acara yang bertemakan “Membangun Keikhlasan Bangsa”.

Rangkaian acara diawali dengan pembacaan satu juta Surat Al Ikhlas pada siang hari, kemudian dilanjutkan acara inti pada malam hari yaitu pembacaan tahlil, maulid, serta doa. Pembacaan tahlil dan maulid sendiri dipimpin oleh Habib Muhammad Waliyullah bin Habib Saggaf yang hadir bersama Umi Waheeda, S.Psi., M.Si. serta ahlu bait. Turut pula iringan hadrah dan marawis santri Nurul Iman. Sambutan dari pihak keluarga Gus Dur diwakili oleh Yenni Wahid. Acara pun diakhiri dengan testimoni oleh beberapa tamu kehormatan yang hadir dan aksi Butet Kertaradjasa.

Acara yang didominasi warna putih ini, dihadiri oleh kalangan tokoh nasional seperti Akbar Tandjung, KH. Said Aqil Siraj, KH. Hasyim Muzadi, Mahfud MD, Prabowo Subianto, Basuki T. Purnama, Romo Magnis Suseno, Kapolri Sutarman, Ki Sastro Al Ngatawi, serta para ulama/kyai dari berbagai pondok pesantren, majlis ta’lim, santri, serta tamu kehormatan lainnya. (Red.Ridwan)

Leave a Reply