img20160917090024-copyDalam Pendidikan Dasar Kepramukaan telah diatur materi dan kegiatan yang disajikan untuk anggota Pramuka tingkat Penggalang, yakni kegiatan yang menarik, menantang, bersifat inovatif dan tentu mengandung pendidikan di dalamnya. Dalam penyampaiannya, pembina dapat melakukan dengan cara apapun, asalkan materi tersampaikan kepada peserta didik. Seperti melalui kegiatan perkemahan ataupun perlombaan.
Perlombaan sendiri biasa diadakan oleh pihak sekolah ataupun pihak Kwartir, dikenal juga dengan istilah Lomba Tingkat (LT), yang diadakan oleh masing-masing Kwartir baik Ranting, Cabang, Daerah maupun Nasional.
Dan pada hari Ahad (18/9) Kwarran Parung baru saja menutup kegiatan LT II Kwarran Parung yang diadakan sejak tanggal 16-18 September 2016 di bumi perkemahan Lap.Ikarela Lebak Wangi. Kegiatan yang diikuti oleh sekitar 600 anggota penggalang dari SD/MI dan SMP/MTs se-Parung ini bertujuan untuk menyeleksi siapakah yang berhak mewakilkan Ranting Parung untuk tampil di LT Cabang Bogor nanti. Yang mana seleksi dilakukan dengan perlombaan sekitar penetahuan dan keterampilan sebagai seorang Pramuka penggalang, seperti PBB, Pionering, isyarat sandi, pengetahuan kepramukaan, memasak, PPGD, tata upacara penggalang, dan lain lain.
Pramuka Al Ashriyyah Nurul Iman-pun ambil bagian dalam kegiatan ini, tersebutlah 2 regu mewakilkan Pramuka Nurul Iman dalam ajang ini. Yaitu regu Impeesa yang beranggotakan : Rahal Dzikri (pimpinan regu), Dziya al falah (wapinru), Mustafa Az zarka, Trias ibnu syahid, Khoiril Ahmad, Ismail Sidiq, Sahrul Maulana, Marzuki bani Ismail
Yang mewakili Trilaspati Scout SMP Al Ashriyyah Nurul Iman, lalu regu Al Haidar mewakili Trilaspati Scout SD Al Ashriyyah Nurul Iman yang beranggotakan :Rizki, Reynandias Pradifta, Nurmaedi, Muhammad Fauzan, A dzikra Tanjung, Satria, Rifki dan Ilham.img20160917095227-copy
Dalam perlombaan tingkat ini Pramuka Penggalang Nurul Iman berhasil mendapat kehormatan dengan diraihnya 15 kejuaraan dari beberapa mata lomba yang diikuti, yang mana sebanyak 9 kejuaraan diraih oleh Penggalang SMP dan 6 kejuaraan diraih oleh penggalang SD. Berikut adalah prestasi yang berhasil diraih oleh Pramuka Penggalang Nurul Iman dalam kegiatan LT II Kwarran Parung :
Penggalang SMP :
Juara 1 Lomba PBB
Juara 1 Lomba Kerapihan, Kebersihan dan Kenyamanan Perkemahan
Juara 1  Lomba Ceramah
Juara 2 Lomba Memasak
Juara 2 Lomba Administrasi Umum
Juara 2 lomba Menaksir Lebar
Juara 3 Lomba Kerapihan Seragam
Juara 3 Lomba Pengetahuan Kepramukaan
Juara 3 Lomba Hasta Karya
Penggalang SD :
Juara 1 Lomba Adzan
Juara 1 Administrasi Umum
Juara 2 Lomba Katapel
Juara 2 Lomba Keseragaman
Juara 2 Lomba Karnaval
Juara 2 Lomba Isyarat Sandi
Melihat dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa Pramuka Nurul Iman menambah koleksi medali yang dipersembahkan untuk pondok tercinta. Namun sayangnya, Pramuka Penggalang Nurul Iman masih belum mendapat kesempatan untuk menjadi delegasi Kwarran Parung dalam Lomba Tingkat III di Kwarcab Bogor.
Merupakan suatu harapan besar agar kedepannya Pramuka Nurul Iman dapat beraksi dalam ajang bergengsi LT tingkat selanjunya. Selain itu, tetap semangat dan giat berlatih untuk Pramuka Penggalang Nurul Iman agar lebih berprestasi lagi kedepannya karena masih banyak event bergengsi lain yang menanti.img20160917102549

Leave a Reply