Nurul Iman News- Dalam rangka menyiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul dan berkualitas serta meningkatkan hasil pertanian pesantren, Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman mengirimkan 20 santri untuk mengikuti pelatihan pertanian di Universitas Ibnu Khaldun (UIKA) Bogor. Sebanyak 20 santri yang terdiri dari anggota BEM STAI Nurul Iman serta mahasiswa program internship bagian Peternakan dan Pertanian Nurul Iman tersebut mengikuti pelatihan pada Kamis (20/9/2018) dengan didampingi oleh Puket I Bagian Akademik Ustadz Ali Mutakin, MA.Hk dan Puket II Bagian Administrasi Ustadz Subaiki Ikhwan, M.Pd.

Dewasa ini, petani Indonesia tengah mengalami sejumlah permasalahan yang cukup merisaukan khususnya dalam pemakaian pupuk. Pasalnya, fenomena pemakaian pupuk berbahan kimia justru menimbulkan problematika baru yang juga harus dicari solusinya. Permasalahan tersebut hadir dalam wujud kerusakan ekosistem, turunnya kesuburan tanah, produktivitas yang menurun, kesehatan pangan, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu, dalam prakteknya, Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman sudah sejak dulu mengaplikasikan pertanian organik dengan menggunakan pupuk yang dihasilkan dari pengolahan sampah organik. Dan untuk mengembangkan pertanian pesantren, Nurul Iman mengutus 20 santri untuk mengikuti kegiatan bertajuk Penguatan Lembaga Litbang Melalui Diseminasi Hasil Litbang di Universitas Ibnu Khaldun Bogor.

Dalam kegiatan ini, santri-santri Nurul Iman mendapatkan materi-materi menarik seputar bidang pertanian dan peternakan. Salah satunya adalah materi yang disampaikan oleh seorang praktisi pertanian organik bernama Dedi Mulyadi dengan judul “Pengembangan Pupuk Organik Hayati Berbasis Isolat untuk Meningkatkan Produktivitas Pertanian di Kabupaten Bogor”.

Seluruh peserta mengaku senang mendapat kesempatan mengikuti pelatihan ini. Seperti yang diungkapkan oleh Nandang Faturrahman, salah satu santri Nurul Iman yang menjadi peserta dalam kegiatan tersebut, “Kami sengat bersyukur bisa ikut serta dalam pelatihan ini. Karena dengannya kami bisa memperoleh pengetahuan-pengetahuan baru seputar dunia peternakan dan pertanian. Insya Allah bisa bermanfaat untuk Nurul Iman kedepannya”.

 

 

 

Oleh : Akbar Rifqi (Redaksi Al Ashriyyah Nurul Iman)

Leave a Reply