Sabtu, 03 Agustus 2015
Iedul Adha 1436 H
Iedul Adha 1436 H

Kamis 24 September 2015, hampir semua muslim merayakan hari raya Idul Adha. Selain melaksnakan shalat idul adha berjamaah di hari itu sebagian muslim pun melaksankan ibadah Qurban.

Seiring dengan hal itu, Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School Parung Bogor pun melaksanakan hal yang sama. Para santri melaksanakan shalat idul adha berjamaah di masjid toha yang dilanjutkan dengan pemotongan hewan qurban.

Hal yang menarik, hari itu pun bertepatan dengan jadwal kunjungan walisantri ke Pondok Pesantren sebagai rutinitas bulanan untuk menjenguk putra-putrinya. Hal itu menyebabkan  jamaah solat idul adha memenuhi kapasitas tampung masjid Toha, bahkan sampai memenuhi halaman masjid.

Khutbah Iedul Adha Habib Muhammad Waliyullah bin Syekh Habiib Saggaf
Khutbah Iedul Adha Habib Muhammad Waliyullah bin Syekh Habiib Saggaf

Pelaksanaan sholat Iedul Adha berjalan lancar. Habib Muhammad Waliyullah bin Syekh Habib Saggaf selaku Pimpinan Yayasan bertindak sebagai imam dan khotib. Beliau menyampaikan khotib dengan tema awal mula terjadinya hari Raya Qurban yang di kutip dari kisah Nabi Ibrahim AS bersama Siti Hajar dengan putranya Nabi Ismail AS.

Pada akhir acara pembina Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman yang Mulia Umi Waheeda binti Abdul Rahman, S.Psi., M.Si. menyampaikan tausiah agama sekaligus sambutan hangat kepada walisantri yang berkesempatan hadir mengikuti sholat Idul adha berjamaah di Pondok Pesantren.

Tausiah yang Mulia Umi Waheeda binti Abdul Rahman Iedul Adha 1436 H
Tausiah yang Mulia Umi Waheeda binti Abdul Rahman Iedul Adha 1436 H

Dalam tausiahnya yang Mulia Umi Waheeda diawali dengan bercerita tentang kisah Nabi Ibrahim AS dan Nabi Ismail AS, kemudian menceritakan kisah saat Umi pergi naik haji bersama yang Mulia guru besar Abah. Inti dalam tausiah beliau adalah memberikan nasihat kepada seluruh santri agar berani berkorban dalam menjalani kehidupan, karena hidup adalah pengorbanan untuk Agama Allah dan  Rasulullah. Jangan pernah ragu dalam berjuang di jalan allah karena allah akan selalu membantu hambanya yang ada di jalan allah. Selain itu Umi Waheeda berharap kepada seluruh santri agar bisa menjaga dan mentaati seluruh peraturan pondok pesantren. Nasehat Umi ditutup dengan ucapan terima kasih kepada seluruh walisantri yang berkenan berkesempatan hadir untuk melaksanakan sholat Iedul Adha berjamaah di Pondok Pesantren

Leave a Reply