Nurul Iman News,– Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman kembali mendapat kunjungan tamu dari manca negara. Tamu kali ini berasal dari Jepang dengan nama Nakagawa Aya, putri dari Hajime Nakagawa yang merupakan relasi bisnis Umi Waheeda dalam filter air minum bersih (Drinkable Water Treatment). Kedatangan Aya-san di Nurul Iman adalah untuk mengajar bahasa Jepang berikut kebudayaannya.

Selama lima hari Aya-san menghabiskan waktu di Nurul Iman sejak tanggal 5 – 9  September 2018. Di hari pertama, Aya-san memanfaatkannya untuk lebih mengenal Nurul Iman dengan berkeliling di area pesantren dan meninjau tempat yang akan ia gunakan untuk kegiatan pembelajaran. Di hari kedua barulah Aya-san memulai kegiatan pembelajaran dengan Jikoo Shokai (pekenalan) yang diikuti oleh 30 peserta. Selain itu, para peserta juga diajarkan seni melipat kertas atau origami. Sedangkan di sore hari, Aya-san mengajar bahasa Jepang di LKP Ninkou (Lembaga Kursus dan Pelatihan Bahasa Jepang Nurul Iman). Kedatangan Aya-san sontak mendapat sambutan hangat dari anggota LKP Ninkou. Mereka tampak antusias mengikuti pembelajaran bersama guru baru tersebut.

Di hari ketiga Aya-san datang ke pondok pukul delapan pagi, tepat saat santri Nurul Iman tengah melaksanakan Jumsih (Jum’at Bersih) di seluruh area pondok. Dalam kesempatan ini Aya-san berbagi cerita tentang kebudayaan Jepang yang berbeda dengan Indonesia. Selain itu ia juga memperkenalkan permainan Bingo yang kerap dimainkan oleh anak-anak Jepang saat liburan sekolah.

Pembelajaran terus berlanjut hingga hari terakhir. Berbagai ilmu dan pengetahuan telah diajarkan oleh Aya-san kepada santri Nurul Iman. Sebagai ungkapan terimakasih, para peserta mempersembahkan sebuah lagu perpisahan dan juga memberikan sebuah cinderamata untuk Nakagawa Aya. Bahkan, Aya-san diajak mengunjungi ANISA (Al Ashriyyah Nurul Iman Salon) untuk dihias dengan inai.

Aya-san mengaku kagum dengan santri Nurul Iman yang mempunyai berbagai macam bakat. Selain itu Aya-san juga memuji kecantikan perempuan Indonesia yang terlihat dari matanya yang indah.

 

 

 

Oleh : Redaksi Al Ashriyyah Nurul Iman

Leave a Reply