Nurul Iman News,- Sudah menjadi salah satu agenda tahunan bagi STAI Nurul Iman untuk berkunjung ke @america. Seperti yang dilakukan oleh BEM KM STAINI pada (27/9) lalu. Dengan menumpangi dua armada bus , 120 mahasiswa diberangkatkan ke pusat kebudayaan Amerika terbesar di Indonesia.


Prospek keikutsertaan mahasiswa STAI Nurul Iman dalam kunjungan ke @america selama dua tahun terakhir dipandang sangat baik. Hal ini dapat dilihat dari keseriusan dan keaktifan para mahasiswa dalam kegiatan tersebut. Lebih dari itu para mahasiswa mampu mencerna setiap materi yang disampaikan oleh pemateri meskipun dalam bahasa asing tanpa memerlukan jasa translator. Hal tersebut mengindikasikan adanya kemajuan dalam skill bahasa asing yang dinilai cukup baik.


Selain progress bahasa yang dinilai bertambah, kegiatan ini juga mampu memberikan pengetahuan baru tentang budaya dari bangsa lain. Kali ini @america menyuguhkan sebuah talk show dengan balutan tema “National Hispanic Heritage Month” (Bulan Warisan Budaya Hispanik) yang di narasumberi langsung oleh Eduardo El Givel (imigran Chili) dan Danie (seorang jurnalis dan imigran Venezuela). Selama 120 menit mereka membagi pengalaman dan pengetahuan mereka terkait tema tersebut.

Hispanik merupakan sebuah wilayah dengan negara-negara pemakai bahasa Spanyol (latin) di Amerika Selatan. Setiap tahunnya wilayah tersebut memperingati Bulan Warisan Budaya yang dilangsungkan sejak tanggal 15 September – 15 Oktober. Disisi lain sejarah mencatat bahwa peran warga Amerika Latin (Latino) sangat berpengaruh dalam perkembangan kebudayaan Amerika.


Eduardo yang menjabat sebagai American Ambessi berpendapat bahwa orang Latino adalah orang yang flexible sedangkan warga Amerika adalah para perencana. Diskusi tersebut menjadi catatan tersendiri bagi mahasiswa STAI Nurul Iman atas negaranya.

Leave a Reply