Pelatihan Kurikulum 2013“Kalau gurunya baik dan professional, anak muridnya pasti juga bagus.” ungkap Titik Sugianti diiringi tepuk tangan audiens. Begitulah sambutan pengawas SMA Al Ashriyyah Nurul Iman, Ibu Titik Sugiarti, M.Pd dalam acara pelatihan Kurikulum 2013 di aula Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School, Ahad (16/12). Turut hadir pula Dra. Hj. Tatik Rahayuningsih, M.Pd sebagai narasumber dalam pelatihan ini.
Materi yang disampaikan oleh pengawas Dikmen ini ialah pendekatan saintifik dan penilaian autentik. Kedua materi ini merupakan bagian dari Kurikulum 2013 yang mengalami banyak perubahan dari Kurikulum KTSP. “Kurikulum ini lebih menekankan pada proses yang mengedepankan aspek afektif. Dalam outputnya siswa lebih dituntut ‘bisa apa?’.” jelas Bu Tatik.
Pelatihan yang berlangsung selama tiga jam ini bertemakan “Be a Professional Teacher with Curriculum 2013”. Acara ini diikuti oleh seluruh tenaga pendidik Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School dari setiap tingkat satuan pendidikan. Acara ini juga dimeriahkan dengan penampilan kreasi seni santri yakni angklung dan perkusi.
Kendati lamban dalam realisasi serta masih terjadi pro dan kontra oleh berbagai kalangan, namun satuan pendidikan di Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman siap mengimplementasikan kurikulum baru ini dalam waktu dekat.

Leave a Reply