Nurul Iman News,- Wujud dari interfaith collaboration yang sudah lama terjalin erat antara Nurul Iman dan Yayasan Buddha Tzu Chi masih berlangsung hingga saat ini. Ini dibuktikan dengan kunjungan Yayasan Buddha Tzu Chi Taiwan pada Senin (06/08) di Al Ashriyyah Nurul Iman Parung – Bogor.

Agenda tahunan yang rutin diadakan oleh Yayasan Buddha Tzu Chi ini melibatkan 30 mahasiswa Tzu Chi Taiwan University dan 20 relawan Tzu Chi Indonesia. Program ini dijalankan dalam rangka study banding dan berbagi ilmu di sekolah-sekolah yang ada di Indonesia. Al Ashriyyah Nurul Iman adalah lembaga pendidikan pertama yang mereka datangi, dan akan berlanjut ke sekolah-sekolah lainnya di daerah Jakarta dan Tangerang.

Sebelum rombongan mahasiswa Tzu Chi Taiwan University ini mengajar di kelas, mereka menyempatkan diri untuk mengelilingi area pesantren sembari melihat unit-unit usaha yang ada di Nurul Iman. Setelah itu, barulah mereka mengajar di kelas bersama santri Al Ashriyyah Nurul Iman yang mengikuti kursus bahasa Mandarin. Para santri nampak begitu antusias mengikuti kegiatan belajar bersama di Kampus Biru, gedung sekolah dua lantai yang dibangun oleh Yayasan Buddha Tzu Chi untuk Nurul Iman.

Banyak hal yang mereka ajarkan kepada santri, seperti game edukatif, lagu Mandarin, dan masih banyak yang lainnya. Yang menarik dari rombongan mahasiswa ini adalah bahwa ternyata mereka sudah melakukan perjalanan mengelilingi dunia. Mulanya mereka berangkat dari negara mereka (Taiwan), lalu melanjutkan perjalanan ke Perancis, Afrika Selatan, Amerika Selatan, Brazil, dan berakhir di Australia.

Setelah usai belajar bersama di kelas, agenda dilanjutkan dengan pemberian cindera mata dari para mahasiswa Tzu Chi Taiwan University dan relawan Tzu Chi Indonesia kepada santri Nurul Iman. “Walaupun kita berbeda, namun kita tetap satu keluarga dan harus saling berbagi,” pesan shig   u Lily sebelum mengakhiri agenda.

 

Oleh : Andus Setiawan dan Hasnah Omita (Tim Redaksi Al Ashriyyah Nurul Iman)

Leave a Reply