Nurul Iman News,- Sejumlah santri Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman menghadiri undangan dari Yayasan Budha Tzu Chi dalam sebuah acara yang bertajuk “Coexist with The Earth” pada Sabtu-Minggu, 21-22 Juli lalu. Dengan mengusung tema “Hidup Berdampingan dengan Bumi” tersebut, acara ini mengajak seluruh umat manusia untuk melestarikan lingkungan hidup dan bergaya hidup sehat.

Kehadiran puluhan santri Nurul Iman dalam acara yang digelar di Summarecon Mall Serpong ini ialah sebagai pengisi acara. Dengan keterampilan yang dimiliki santri dalam memeperagakan isyarat tangan dan diiringi lagu Mandarin, mereka berhasil memeriahkan acara tersebut. Selain itu, acara ini juga dimeriahkan dengan pameran produk-produk hasil daur ulang. Misalnya buah-buahan yang sudah layu dan tidak layak untuk dimakan, bisa dijadikan enzim untuk bahan pembuatan sabun dan pembersih lantai. Pembuatannya pun sangat sederhana, yakni hanya dengan mencampurkan buah atau kulit buah tersebut dengan gula merah untuk kemudian diendapkan selama 90 hari sehingga menjadi enzim yang dapat diolah untuk pembuatan sabun.

Lebih dari itu, terdapat produk-produk yang tidak kalah bermanfaat lainnya, seperti tanaman hidroponik yang menggunakan pot dari cangkang telur dan sepeda elektromagnetik yang apabila dikayuh dapat menyalakan lampu mulai dari 5 watt hingga 40 watt. Semakin kuat kayuhan sepeda tersebut, maka semakin terang pula nyala lampu yang dihasilkan. Pesan moral yang terkandung dalam sepeda ini adalah bahwa energi itu mahal, sehingga diharapkan manusia tidak lagi boros dalam pemakaian listrik.

 

 

 

 

Oleh : Tim Redaksi Putri Al Ashriyyah Nurul Iman

Leave a Reply