Seminar Nasional MatematikaSejumlah akademisi dari berbagai disiplin ilmu, berbagi pengetahuan dalam Seminar Nasional Matematika yang digagas oleh Nurul Iman Community of Mathematic (NICMAT) di Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School, Ahad (23/2). Acara ini merupakan perayaan hari jadi kedua NICMAT yang jatuh pada tanggal 22 Februari. Ide serta konsep acara sendiri berasal dari anggota komunitas yang kemudian direalisasikan oleh pendiri NICMAT, Ibu Eva Khuzaeva, S.Si., M.Si., pakar matematika yang sudah sejak 2009 lalu telah berperan aktif menyukseskan setiap Ujian Nasional di Nurul Iman yang kemudian mendirikan NICMAT tahun 2012 lalu.

Seminar ini dihadiri oleh empat narasumber yaitu Bapak Drs. Agung Basuki, M.Pd., Ibu Dewi Sri Intriwati, S.Pd., Bapak Ir. Jholy Hartono HS, dan Ibu Eva Khuzaeva, S.Si., M.Si. Acara berlangsung dari pukul 09.00 hingga 17.00 dan diikuti oleh seluruh santri Yayasan Al Ashriyyah Nurul Iman Islamic Boarding School.

Acara yang bertema “Mathematic in Our Life” ini diawali dengan presentasi Ibu Eva dengan materi “Mengembangkan Pola Pikir Cerdas, Kreatif, dan Mandiri Bersama Matematika”. Praktisi pendidikan lulusan Matematika Industri IPB ini menjelaskan pentingnya menciptakan pola pikir untuk menguasai ilmu dan teknologi. “Dengan matematika, bisa menciptakan pola pikir yang logis, analitis, sistematik, kritis, kreatif, dan mandiri.” papar Ibu Eva.

Presentator kedua ialah anggota Widyaswara, Bapak Drs. Agung Basuki, M.Pd. dengan membawakan topik “Pembelajaran yang Efektif”. Bapak asal Pacitan ini memaparkan sejumlah teori belajar yang bermuara kepada kompetensi yang harus dimiliki peserta didik yaitu pengetahuan, ketrampilan, dan sikap.

Dua narasumber lainnya menjelaskan bidang keahlian masing-masing. Ibu Dewi misalnya, guru SMK 7 Tangerang ini berbagi tentang dunia yang digelutinya yaitu otomotif berlandaskan ilmu matematika. Lain halnya dengan Bapak Ir. Jholy Hartono HS, ahli di bidang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) yang mengungkapkan kesannya terhadap Nurul Iman yang cocok untuk pengembangan panel surya. Beliau berjanji akan mengadakan pelatihan kepada santri yang nantinya bisa dikembangkan di area pesantren.

Seminar ini diakhiri dengan pelantikan pengurus NICMAT periode 2014/2015 serta penyerahan cinderamata kepada seluruh narasumber. Apresiasi pun disampaikan oleh Habib Muhammad Waliyullah melalui sambutannya, “Semoga ilmu yang telah diberikan oleh narasumber bisa bermanfaat dan kita sebagai umat Islam bisa menguasai segala ilmu.” ungkap beliau.

Leave a Reply