Pramuka Al Ashriyyah Nurul Iman mengirimkan empat delegasi dari satuan karya wira kartika untuk mengikuti persami di kodam III Siliwangi pada hari Sabtu (19/11).
Kegiatan  Perkemahan Se-Kodam III Siliwangi ini  bertempat di Secaba (Sekolah Calon Bintara) Bandung. Dalam kegiatan ini Pramuka Nurul Iman mengirimkan Empat orang sebagai delegasinya, yakni Ka Abdillah Muslimin, Ka Muhammad Muhsin, Ka Mundir Zaetsin,  serta Ka Rian Ramdani mewakili Kodim 0621 Kabupaten Bogor yang merupakan anggota aktif dalam Saka Wira Kartika Nurul Iman. Kegiatan yang diadakan sejak hari Sabtu, 19 2016 November hingga Minggu, 20 November 2016 ini melibatkan 360 anggota Saka Wirakartika aktif yang mewakili tiap–tiap Kodim yang termasuk dalam wilayah Kodam III Siliwangi. Kegiatan yang rutin diadakan setiap tahunnya ini bertujuan agar para peserta didik mendapatkan materi mengenai TNI AD secara langsung dari instansi terkait sekaligus menambah kesemangatan dalam diri peserta didik. img-20161118-wa0006
Kegiatan diawali dengan Upacara pembukaan yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 19 November 2016 bertempat di lapangan Hitam Bihbul Secaba Bandung. Ka Dian Purnawan selaku PinSaka Wira Kartika Jawa Barat sekaligus Aster Kodam III Siliwangi  bertindak sebagai Inspektur Upacara mewakili Pangdam III Siliwangi yang tak berkesempatan hadir. Dalam kesempatan ini beliau menyampaikan amanat dari Pangdam III Siliwangi yang mengatakan “bahwa salah satu tujuan diadakannya perkemahan ini adalah agar dalam diri peserta didik makin bertambah jiwa patriotismenya”.img-20161120-wa0034
Setelah melaksanakan upacara pembukaan para peserta mengikuti giat evaluasi materi Krida Navigasi Darat, Survival dan Pionering. Pada malam harinya diadakanlah lomba Pentas kreasi seni  yang dilaksanakan di Aula Utama Secaba Bihbul Bandung. Dalam kesempatan ini Kodim 0621 Kab. Bogor menampilkan kolaborasi dance modern dengan seni tari jaipong dan mix martial art Pencak Silat Cimande dengan Tae Kwon Do lalu dilanjut pembacaan puisi kepatriotisan dan dilanjutkan dengan penyalaan Api unggun.
Kegiatan berlanjut pada esok harinya para peserta diajak melakukan kegiatan out bond mengenai Naik Tugel, Turun Hesti, Rayap Tali Satu, Jembatan Tali Dua, dan Menaiki Jaring Pendarat yang mana semua ini adalah ilmu tentang kemiliteran pada saat operasi militer. Kegiatan berlangsung hingga pukul 11.30 WIB. Usai salat Dzuhur dan makan siang kegiatan dilanjutkan denga Upacara Penutupan sekaligus pengumuman pemenang dari beberapa perlombaan yang diadakan.
Oleh : Redaksi Al Ashriyyah Nurul Iman

Leave a Reply