WhatsApp Image 2017-09-28 at 10.40.18 (1)

Nurul Iman News,- Desak-desuk ramai langkah kaki para santri dengan balutan gamis dan koko putih mereka. Juga barisan rapih mukena putih para santri putri menuju area sentral kegiatan pondok pesantren, yaitu Masjid Toha pada Rabu (20/9) 2017 guna mengikuti pembacaan do’a akhir dan awal tahun bersama. Barisan itu berjalan cepat bahkan berlari, mereka membubuhi masjid hingga terisi penuh. Bahkan tidak sedikit jama’ah yang tidak mendapat tempat di dalam masjid terpaksa dialokasikan di area depan masjid hingga ke makam Syekh Habib Saggaf bin Mahdi bin Syekh Abu Bakar bin Salim.

Tepat pada pukul 17.30 WIB agenda pembacaan do’a akhir tahun dimulai. Tidak hanya dari kalangan santri saja, para asatidz dan ahlul bait pun turut melantunkan do’a bersama. Habib Muhammad Waliyullah bin Habib Saggaf selaku pemimpin do’a mengutarakan banyak harapan di setiap do’a yang dipanjatkan.

Usai pembacaan do’a akhir tahun, semua jama’ah melaksanakan sholat Magrib berjamaah denganm khusuk dan dilanjutkan dengan pembacaan do’a awal tahun Hijriyah. Karena dalam perhitungan kalender Hijriyah, pergantian tahun terjadi pada saat waktu magrib.

WhatsApp Image 2017-09-28 at 10.40.18
Selepas pembacaan do’a, Habib Muhammad Waliyullah memberikan tausyiah kepada santri dan wali santri yang sudah tiba di pondok untuk mengikuti do’a bersama. Beliau juga menjelaskan tentang fadilah do’a akhir dan awal tahun dibaca 3x, yaitu pertama untuk ampunan, kedua untuk ketaqwaan, dan ketiga untuk keselamatan dunia akhirat.

Tidak berakhir sampai di situ, rangkaian acara dilanjutkan selepas sholat Isya. Sebagai hadiah tahun baru, seluruh santri putra diberikan suguhan hiburan berupa nonton film bareng di halaman gedung taekwondo Pondok Pesantren Al Ashriyyah Nurul Iman.

WhatsApp Image 2017-09-28 at 10.40.18 (2)
Keesokan harinya, tepat pada Kamis (21/9) panggung pentas seni santri yang merupakan acara puncak digelar di Masjid Toha. Berbagai kreasi seni santri ditampilkan dalam acara tersebut. Mulai dari hadroh, taekwondo, band, Paskibra dance, dan tari daerah. Pertunjukkan ini juga mampu menghibur tamu-tamu yang dating ke acara tersebut, diantaranya dari Yayasan Budha Tzu Chi, Yayasan Amal Tiga Roda, Global TV Nertwork Taiwan, dan perwakilan dari Kementrian Perindustrian Indonesia.
Oleh : Dolhy Harahap (Redaksi)

Leave a Reply